Rabu, 24 Agustus 2011

The Rising of Indonesian Boyband and Girlband

Guys, sering liat kan di TV, sekarang ini udah mulai bermunculan boyband2 dan girlband2 dalam negeri ??? Nggak bisa dipungkiri, kemunculan2 yang hampir berbarengan ini dipengaruhi menjamurnya boyband dan girlband dari negeri Korea Selatan. Check these out !!!

BOYBAND:


1. Treeji



Treeji terbentuk pada tanggal 23 Oktober 2009. Latar belakang terbentuknya Treeji adalah pihak manajemen mengusulkan mau membentuk boyband, mengingat boyband sudah lama tidak ada di Indonesia. Tarra Budiman dan Jiseph Hakim mengikuti audisi dan akhirnya mereka terpilih dari 15 orang, beserta 1 orang lagi yang akhirnya mengundurkan diri.  Rizky Alatas masuk untuk menggantikannya, bergabung dengan manajemen Tarra dan Jiseph, dan akhirnya terbentuklah Treeji. Semula, namanya adalah 3G, tetapi nama itu ternyata sudah ada yang punya. Dari situ, tercetuslah nama ”TREEJI” yang diambil dari huruf-huruf depan nama masing-masing personel yaitu T= Tarra, Ree= Rizky, dan Ji =Jiseph.  Sejauh ini Treeji baru merilis 2 single yaitu ”Tak Mungkin” dan ”Lebih Baik”. Adapun fanbasenya menamakan diri ”Treelovers”.


2. Sm*sh


Sm*sh adalah singkatan dari ”Seven Man As Seven Heroes”, merupakan boyband asal Bandung yang terdiri dari 7 personel yaitu Rafael, Morgan, Bisma, Rangga, Diki, Reza, dan Ilham. Boyband ini  terbentuk di bawah naungan managemen Star Signal. Bisa dibilang kehadiran Sm*sh ini memicu banyak kehadiran boyband2 baru di industri musik Indonesia. Tak hanya itu, kehadiran Sm*sh awalnya juga memicu kontroversi dan hujatan dari para antis karena style, lagu, dan konsep klip mereka yang dianggap menjiplak boyband2 Korea, namun Sm*sh menghadapi semua anggapan miring itu dengan positif dan terus berkarya dan menjadi lebih baik. Setelah sukses dengan single awal mereka ”I Heart You”, kini Sm*sh hadir dengan single kedua yaitu ”Senyum dan Semangat”.  Sm*sh juga kini disibukkan dengan rutinitas mereka sebagai pemain serial ”Cinta Cenat Cenut” yang tayang di Trans TV setiap Jum'at malam. Adapun fanbasenya menamakan diri ”Smashblast”.


3. NSG Star



NSG Star lahir dari tangan Nutyas Surya Gumilang (NSG), pemuda cerdas yang mendapatkan pengalaman bermusiknya di tengah-tengah lingkungan multikultural London, Inggris. Melalui label indie Good Sign yang sebelumnya bernama NSG Music Indonesia, NSG Star dibentuk sebagai his first baby yang akan meramaikan musik Indonesia. NSG Star dibentuk melalui proses yang cukup cepat namun menjanjikan. Melalui audisi yang diikuti oleh sekitar seratus peserta dari berbagai latar belakang, dibentuklah NSG Star yang beranggotakan 4 personel, yaitu Anggara Purnama Hadiansyah (Anggara), Gregorius Garo Helan (Gege), Novriansyah Fachri (Rian), dan Surya Atmaja (Surya Lee). Mereka terpilih berdasarkan penilaian olah vokal dan dancing mereka. NSG Star telah merilis album mereka yang berisi 6 lagu yaitu ”Mencintaimu”, ”Di Sampingku”, ”Hold Me Closer”, ”Get Up”, ”The Equation”, dan ”Untuk Selamanya” feat Saykoji. Adapun fanbasenya menamakan diri ”Superstar”.


FYI, Anggara pernah masuk dalam Top 50 Indonesian Idol 2007 dan terlibat dalam beberapa FTV,  Gege memiliki banyak pengalaman menari di berbagai panggung seni, Rian merupakan Fresh Boy Majalah Kawanku 2010, dan Surya Lee pernah menjuarai ajang Let’s Dance Competition 2004 di Global TV serta terlibat dalam beberapa peran dan membintangi beberapa iklan.


4. Max5



Walaupun secara format, Max5 hampir sama dengan Sm*sh, namun genre dari boyband yang digawangi oleh Ficky, Bayu, Fendi, Reggie, dan Taufik ini memang sedikit berbeda karena lebih mengandalkan kualitas vokal yang prima dengan iringan pop dance. Hal ini diperkuat dengan keterlibatan salah satu pentolan pasto dalam penggarapan musik mereka. Maka, jadilah sebuah lagu yang berjudul ”Cinta Rahasia” yang sebentar lagi pasti akan masuk dalam jajaran tangga lagu Indonesia. Mereka mengaku kehadirannya di belantika musik Indonesia sedikit terlambat dari pendahulunya dikarenakan adanya pergantian beberapa personel. Kini, dengan berada di bawah payung Hits Record, mereka mencoba peruntungan di dunia musik Indonesia.


FYI, salah seorang personelnya, Fendi, merupakan satu dari Top 12 Indonesian Idol 2010.


5. 3IN1



Boyband 3IN1 ini merupakan boyband Indonesia yang menyatukan 3 komunitas dalam 1 visi dan misi dalam bermusik.  Boyband 3IN1 ini terdiri dari 3 personel yaitu Volland Humonggio, Kris Hasibuan, serta Stenley Mambrasar. Ketiga personel 3IN1 tersebut berasal dari 3 latar belakang yang berbeda, yaitu Volland Humonggio dengan latar belakang martial arts, Kris Hasibuan dengan latar belakang Bboy atau break dance, serta Stenley Mambrasar dengan latar belakang hip hop dance.


FYI, single pertama mereka berjudul ”Sexy” diciptakan sendiri oleh personel mereka, Volland.


6. S9B



Nama boyband naungan Nagaswara ini adalah S9B, yang merupakan singkatan dari “Super 9 Boyz”. Boyband ini terdiri dari 9 personel yaitu Kosta Rio Sokhifao Zebua (Rio), Fauzi Imam (Imam), Kelvin Vincentius Kosasih (Kelvin), Steven Wang (Steven), Tyo Anak Bintang (Tyo), Christ Ian Dwiryanto (Christz), Afrizal Syahputra (Putra), Nico Putra (Nico), dan Muhammad Syalahuddin al Pasha (Pasha). Mereka direncanakan debut dengan remake dari lagu hits milik Las Ketchup “Asereje”, dengan judul “ACDC Aha Ehe” (hak cipta-nya sudah dibeli oleh Nagaswara). Berbicara soal lagu, usut punya usut, yang bakalan mengaransemennya yaitu DJ Soemantri (pernah mengaransemen lagunya Agnes Monica). Penata vokalnya yaitu Paul (vokalis T-Five). Salah seorang pengiring lagu adalah Sammy (drummer Ello). Untuk koreografi, bakal ditata oleh koreografernya Agnes Monica. Kabarnya, kalo nanti album pertama mereka rilis, ke-9 personil boyband ini akan mendedikasikan lagu dan koreo sekaligus albumnya, kepada Super Junior. What???


FYI, rata-rata dari semua personel memiliki latar belakang nyanyi, dancing, modelling, coverboy, akting, duta wisata, serta banyak mengikuti berbagai kompetisi. Rio, sang leader saja, telah tercatat antara lain sebagai Top 70 Indonesian Idol 2005, Runner Up Cilapop Singing Contest 2005 di TV7 (sekarang Trans7), tergabung dalam Elfa’s Jazz & Pop Singer, Semifinalis Gangstarz Asian Group Vocal Competition Malaysia 2008, dan Semifinal Indonesia Mencari Bakat 1 bersama grupnya ”D’RAZ”.


7. XO-IX


XO-IX (Xtra Ordinary Nine), boyband yang berjumlah sembilan orang yang terdiri dari  Lee, Iras, Nicky, Hendra, Agwi, Kiki, Bobby, Alwin, serta Budi tersebut menyajikan konsep yang serupa yakni good looking, vokal grup, dan adanya aksi tarian di atas panggung. Kendati demikian mereka tetap ingin membuktikan bahwa boyband ini memiliki kualitas dan layak untuk tampil menghibur masyarakat. “Sebelum terbentuk, kita dilatih selama tiga bulan dan sudah melalui penyaringan dari empat tahapan. Memang pengaruh dari sana pasti ada, tapi kita mau menjadi diri kita sendiri. Dengan muncul di industri ini menjadi  jalan  pembuktikan kepada pecinta musik di Indonesia kalau XO-IX memiliki kualitas,” ujar Budi di sela acara malam peluncuran XO-IX di Mandarin Hotel, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Seperti kebanyakan kelompok musik lainya, XO-IX juga mempunyai sebutan untuk fans mereka yaitu XOwners. Dan kendati masih seumur jagung, mereka telah memiliki fans yang cukup banyak. Terbukti saat memperkenalkan single perdana mereka yang berjudul “Cukup Sudah” para XOwners hadir memenuhi venue.

8. Dragon Boyz


Boyband yang digawangi oleh 5 remaja asal Bandung ini sudah merilis single berjudul “Love You No More”. Ade, salah satu personel Dragon Boyz mengatakan, semua personel Dragon Boyz punya latar belakang penyanyi dan penari. Jadi ketika dipertemukan, semuanya sudah punya kekuatan. Dragon Boyz terdiri atas Risa, Ade, Alam, Lukas, dan Bagus dan baru terbentuk pada 28 Januari 2011. Sebelum merilis single “Love You No More” ciptaan Sunu Matta, Dragon Boyz terlebih dahulu mengalami masa pelatihan yang cukup panjang. Mereka ditempa dalam peningkatan kualitas vokal dan gerakan dance. Setelah merasa cukup, akhirnya mereka diangkat ke pasaran oleh Nagaswara, selaku produser mereka. Selain pendadaran tersebut, Dragon Boyz juga memperoleh latihan langsung dengan seringnya mereka tampil dari panggung ke panggung.        
9. Hitz


Tidak lain dan tidak bukan, mereka adalah Lee Jung Hon, Iwan Chandra, dan Ferdinand. Ketiga personel Hitz ini sebenarnya bukanlah orang baru di dunia entertain, seperti Lee Jung Hon misalnya, dia adalah seorang mentor Boyband yang telah banyak melanglang buana di jagat boyband Asia. Dua personel Hitz lainnya, yaitu Iwan Chandra dan Ferdinand merupakan sosok pemeran yang sering muncul menghiasi layar kaca dalam berbagai sinetron yang mereka bintangi. Adapun single perdana Hitz adalah “YES YES YES” dan secara resmi pada tanggal 26 Juni lalu sudah diperkenalkan dalam performance perdana mereka di Mall of Indonesia (MOI). Dari berbagai informasi yang didapatkan berita terkini dari situs internet, disebutkan bahwa Hitz berada di bawah payung label Nagaswara.

10. Mr. Bee


Boyband yang digawangi oleh 5 orang personil yaitu Boby Rakhman, Febryan Pramanda, Febrian Novanda, Edho Zell Pratama, dan Chrishtian Hutabarat ini hadir di dunia musik Indonesia dengan single terbarunya berjudul "Let Me Go" buah karya Risna Ories menggabungkan perpaduan musik Western dan Asia, dengan sedikit memasukan lirik berbahasa Inggris. Single ini bercerita tentang seorang yang sudah terlalu sering dibohongi dan diberi janji palsu dan terus-terusan dikecewakan, hingga tak lagi mampu bertahan.

11. Mikki


Demam boyband ternyata menggelitik dua personil The Titans, Andika dan Imot untuk menjadi produser.  Mereka pun akhirnya membentuk sepasang boyband dan girlband bernama Mikki dan Minni. Di sela kesibukan mereka bersama The Titans, Andika dan Imot melakukan persiapan. Imot merancang musiknya sementara Andika membuka audisi. Boyband Mikki dan girlband Minni versi Andika dan Imot ini dikonsep sebagai dua band yang terpisah tapi diformat sebagai pasangan yang saling punya keterkaitan satu sama lain. Masing-masing band terdiri dari 9 cowok dan 9 cewek hasil audisi.

Konsep ini terasa bukan hanya pada penyatuan dua band ini, tapi juga dalam pemberian judul lagu serta penyebutan nama-nama personilnya. Judul lagunya dibuat singkatan gaul. Untuk single boyband Mikki judul singlenya adalah “ I.Dnt.Wn.Lt.U.Go (I Don't Wanna Let You Go)”, sementara untuk girlband Minni  judul singlenya “Nvr.Lt.U.Go (Never Let You Go)”.

Adapun nama personel Mikki yaitu Joy, Mike, Adam, Andhy, Abedth, Rayenda, dan Raja, sedangkan personel Minni yaitu Dei, Winda, Adel, Devyna, Dina, Salfa, Nidiya, Shelvy, dan Cacha.


GIRLBAND:  
         

1. String        
       
 

Grup yang satu ini muncul dengan warna berbeda. String beranggotakan Araky, Dewa, Saqe, Nonie, serta Landa. Kelompok vokal ini terbentuk pada pertengahan 2008 berkat kejelian seorang produser yang melihat bakat mojang-mojang tersebut. Dengan dukungan penuh Mentari Musik Indonesia, String telah merilis beberapa single, salah satunya berjudul “Honey, Bunny, Sweety”, lagu riang bergenre pop yang bertempo upbeat serta bertemakan romantisme. Tidak hanya memperdengarkan olah vokal, String juga akan menampilkan koreografi dalam setiap penampilan panggung. Kostum untuk menunjang image yang ditampilkan yakni girly, sporty, dan sexy.      

2. 5 Bidadari    
    
 
5 Bidadari adalah sebuah grup yang terdiri dari 5 personel yang tidak hanya mempunyai kemampuan dalam menyanyi, tetapi mereka juga mampu untuk menari. Lagu andalan dari 5 Bidadari berjudul “Aku atau Dia” yang beraliran musik dangdut. Grup ini cukup kontroversial, karena terkesan ingin menyamai “Wonder Girls”, girlband asal Korea, dari segi jumlah personel, bahkan dari segi konsep video klip mereka. Ingin sekali saya mengutip kata-kata Sule: ooo... tidak bisa !!!               


3. Kilau  
           
 

Kilau awalnya adalah kelompok dancer yang terbentuk pada Agustus 2009. Kilau terdiri dari 4 wanita yang mempunyai dasar menari dan koreografi, namun mereka piawai dalam bernyanyi. Di tengah perjalanan karirnya, mereka bertemu dengan sebuah perusahaan rekaman yang bernama 18 Musik. Kemudian, Kilau dipercaya untuk masuk dapur rekaman. Sebagai dancer, para personel Kilau sudah mulai tampil di panggung sejak tahun 1995 sebagai penari di konser-konser dari artis-artis besar di Indonesia, seperti Krisdayanti, Ruth Sahanaya, Erwin Gutawa, Glenn Friedly, Titiek Puspa, dan beberapa iklan TV baik sebagai penari ataupun koreografer. Kemudian mereka mempunyai ide untuk mengkonsep sebuah grup vokal yang hebat dalam menari sekaligus vokal yang prima di saat show. Saat pertama dirikan pada tanggal 12 Agustus 2009, Kilau beranggotakan Poppy Zahari atau Poza, Dian Kusumastuti atau Dee, Aridiastri Erningpraja atau Ai, dan Olin.

4. 7 Icons    
       
 

Girlband baru ini beranggotakan 7 personel yaitu PJ, Linzy, Natly, Mezty, Vanila, GC, dan Angel.  Mereka muncul dengan single andalan berjudul ”Playboy” ciptaan sang hitmaker, Dewiq. 7 Icons kini disibukkan dengan rutinitas mereka sebagai pemain serial ”Go Go Girls” yang tayang di Trans TV setiap Senin malam.  

5. Cherry Belle (ChiBi)  
           
 
Cherry Belle (ChiBi), grup beranggotakan 9 cewek yang satu ini, kayaknya akan jadi saingan baru si 7 Icons. Kata Cherry berarti yaitu manis, Belle berarti cantik, sedangkan Chibi berarti kecil/lucu. Kesembilan personelnya yaitu Cherly, Angel, Wenda, Ryn, Christy, Felly, Devi, Gigi, dan Anisa diseleksi dari audisi 3 tahap menyisihkan ratusan cewek lainnnya. 


Dalam debutnya ini, Cherry Belle yang bernaung di bawah label Catz Records hadir di kancah musik Indonesia dengan sebuah gaya bermusik yang mungkin sudah familiar di kuping para penikmat K-Pop. Kemunculan perdana Cherry Belle ini dimulai dengan perilisan single pertama mereka yang berjudul “Dilema” yang diciptakan oleh Catur Septembrianto, menjadi 1st single dari sebuah mini album yang akan dirilis oleh Cherry Belle dalam waktu dekat ini, di mana selain ada Catur, masih ada beberapa pencipta lagu lainnya yang ikut menciptakan lagu untuk Cherry Belle seperti Mery Lastriana yang sukses menciptakan lagu “Ku Menunggu” untuk Rossa.  

6. Minni


Demam boyband ternyata menggelitik dua personil The Titans, Andika dan Imot untuk menjadi produser.  Mereka pun akhirnya membentuk sepasang boyband dan girlband bernama Mikki dan Minni. Di sela kesibukan mereka bersama The Titans, Andika dan Imot melakukan persiapan. Imot merancang musiknya sementara Andika membuka audisi. Boyband Mikki dan girlband Minni versi Andika dan Imot ini dikonsep sebagai dua band yang terpisah tapi diformat sebagai pasangan yang saling punya keterkaitan satu sama lain. Masing-masing band terdiri dari 9 cowok dan 9 cewek hasil audisi.

Konsep ini terasa bukan hanya pada penyatuan dua band ini, tapi juga dalam pemberian judul lagu serta penyebutan nama-nama personilnya. Judul lagunya dibuat singkatan gaul. Untuk single boyband Mikki judul singlenya adalah “ I.Dnt.Wn.Lt.U.Go (I Don't Wanna Let You Go)”, sementara untuk girlband Minni  judul singlenya “Nvr.Lt.U.Go (Never Let You Go)”.

Adapun nama personel Mikki yaitu Joy, Mike, Adam, Andhy, Abedth, Rayenda, dan Raja, sedangkan personel Minni yaitu Dei, Winda, Adel, Devyna, Dina, Salfa, Nidiya, Shelvy, dan Cacha.

7. Mascara


Mascara terdiri dari empat orang personel, yaitu Cintia, Syana, Flo, dan Adonia. Girlband yang sudah terbentuk sejak akhir Maret tahun lalu itu memilih jenis musik Pop Dance sebagai genre musik mereka. “Karena kita ingin menunjukkan bakat dance kita maka kita mengusung musik pop dance, tapi juga ada sentuhan RnB-nya sedikit,” kata Syana menguraikan.

Dengan modal kemampuan tari dan bernyanyi yang dimiliki mereka, keempatnya pun yakin kalau keberadaan Mascara cukup memberi kesegaran di dunia musik. “Kita ingin membuktikan kalau kita girlband yang beda dari yang sudah ada dengan memaksimalkan kemampuan nari kita tanpa mengesampingkan kualitas vokal kita,” ujar Syana usai pembuatan video klip mereka di kawasan Jakarta, kemarin.

Tidak hanya menampilkan tarian dan nyanyian, masing-masing personil Mascara ternyata juga membuat karakter sendiri-sendiri untuk diri mereka agar lebih mudah dikenal. “Karakter itu dibentuk dari pribadi kita sehari-hari seperti apa. Aku enerjik, Flo itu kalem, Syana itu girly, dan Cintia lebih cuek,” jelas Adonia.

No copas! copas dosa! yang kreativ dong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar